Telematika adalah sarana komunikasi jarak jauh
melalui media elektromagnetik. Ini brarti layanan telematika merupakan media
penyampaian informasi jarak jauh yang dapat di akses masyarakat melalui
media elektromagnetik. Layanan Telematika juga merupakan layanan
dial up ke jaringan internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada
sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Menurut
Wikipedia, Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika.
Telematika berhubungan erat dengan kebutuhan pengguna (user) untuk pemenuhan
informasi yang dinginkan user. Hal tersebut berhubungan dengan layanan- layanan
(service) yang ada pada telematika. Layanan-layanan tersebut dapat
dikategorikan menjadi 4 layanan, yaitu sebagai berikut :
1. Layanan
Informasi
Layanan
Infromasi (information service) menggabungkan suatu sistem komunikasi dengan
kendaraan yang bergerak. Ada beberapa contoh layanan informasi misalnya
·
Internet Service contohnya seperti
M-Commerce, VOD dan News and Weather
·
Real-time traffic information (Mobile
data dan mobile television). Real time traffic information (Mobile data dan
mobile television) memberikan kita kemudahan mengenai arus lalu lintas yang
kita butuhkan informasinya. Mobile data dapat digunakan untuk menerima saluran
TV dan program, dengan cara yang sama ke ponsel, tetapi menggunakan TV LCD
perangkat selain itu Mobile data menggunakan komunikasi data nirkabel
menggunakan gelombang radio untuk mengirim dan menerima data computer real time
untuk, dari dan antara perangkat yang digunakan oleh personil berbasis
lapangan. alat-alat ini dapat dipasang semata-mata untuk digunakan saat berada
dalam kendaraan (Fixed Data Terminal) atau untuk digunakan di dalam dan keluar
dari kendaraan (Mobile Data Terminal).
·
Telematik terminal. Secara umum,
terminal telematika tidak memiliki perangkat layar, cara mereka memberikan
informasi gambar kepada pengguna adalah dengan menggunakan sebuah perangkat
tampilan, misalnya, yang sudah marak digunakan saat ini adaLah Liquid Crystal
DispLay (LCD) dan juga Telematika terminal yang mungkin termasuk fungsi
komunikasi untuk berkomunikasi dengan server atau telematika dapat beroperasi
dalam hubungannya dengan komunikasi mobile terminal, seperti telepon portable.
secara umum, terminal telematika tidak memiliki perangkat layar, sehingga
mereka dapat memberikan informasi gambar
Penggunaan teknologi telematika dan aliran
informasi harus selalu ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,
termasuk pemberantasan kemiksinan dan kesenjangan, serta meningkatkan kualitas
hidup masyarakat. Selain itu, teknologi telematika juga harus diarahkan untuk
menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di
kalangan masyarakat. Contohnya ada pada Wartel dan Warnet. Wartel dan Warnet
memainkan peranan penting dalam masyarakat. Warung Telekomunikasi dan Warung
Internet ini secara berkelanjutan memperluas jangkauan pelayanan telepon dan
internet, baik di daerah kota maupun desa, bagi pelanggan yang tidak memiliki
akses sendiri di tempat tinggal atau di tempat kerjanya. Oleh karena itu
langkah-langkah lebih lanjut untuk mendorong pertumbuhan jangkauan dan
kandungan informasi pelayanan publik, memperluas pelayanan kesehatan dan
pendidikan, mengembangkan sentra-sentra pelayanan masyarakat perkotaan dan
pedesaan, serta menyediakan layanan “e-commerce” bagi
usaha kecil dan menengah, sangat diperlukan. Dengan demikian akan terbentuk “e-government” untuk
melayani lokasi- lokasi yang tidak terjangkau oleh masyarakat.
2. Layanan
Keamanan
Layanan
keamanan memberikan fasilitas yang berfungsi untuk untuk memantau dan
memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak
seharusnya. Kelebihan dari layanan ini adalah dapat mengurangi tingkat
pencurian dan kejahatan.
contoh layanan keamanan yaitu:
contoh layanan keamanan yaitu:
·
Navigation assistant
·
Weather,stock information
·
Entertainment and M-commerce
·
Penggunaan Firewall dan Antivirus
Layanan telemaatika juga dimanfaatkan pada
sektor– sektor keamanan seperti yang sudah dijalankan oleh Polda Jatim yang
memanfaatkan Teknologi Informasi dalam rangka meningkatkan pelayanan keamanan
terhadap masyarakat. Kira-kira sejak 2007 lalu, membuka layanan pengaduan atau
laporan dari masyarakat melalui SMS dengan kode akses 1120. Selain itu juga
telah dilaksanakan sistem online untuk pelayanan di bidang Lalu Lintas. Polda
Jatim memiliki website di http://www.jatim.polri.go.id,
untuk bisa melayani masyarakat melalui internet. Hingga kini masih terus
dikembangkan agar dapat secara maksimal melayani masyarakat. Bahkan Badan
Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polda Jatim sudah banyak memanfaatkan
fasilitas website ini dan sangat bermanfaat dalam menangani kasus-kasus yang
sedang terjadi dan lebih mudah dalam memantau setiap perkembangan kasus atau
laporan, baik laporan dari masyarakat maupun laporan internal untuk Polda Jatim
sendiri. Bukan hanya penanganan kasus kejahatan semata, tapi juga termasuk
laporan terkait lalu lintas, intelijen, tindak pidana ringan (tipiring) di
masyarakat, pengamanan untuk pemilu, termasuk laporan bencana alam. Masyarakat
juga bisa menyampaikan uneg-uneg atau opini mengenai perilaku dan layanan dari
aparat kepolisian melalui email atau website.
3. Context-Aware
dan Event-Base
Context-awareness
adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu
kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network
itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Layanan
Context awareness memiliki kemampuan sistem yang dapat memahami user, network,
lingkungan, dan dengan pemahaman tersebut dapat melakukan adaptasi yang dinamis
sesuai kebutuhan user. Ada tiga hal yang menjadi perhatian sistem context-aware
menurut Albrecht Schmidt, yaitu:
·
The acquisition of context
·
The abstraction and understanding of
context
·
Application behaviour based on the
recognized context
§ Navigation.
Navigasi merupakan suatu proses untuk membaca dan mengendalikan pergerakan
suatu kendaraan atau benda dari satu tempat ke tempat lain.
§ Global
Navigation Satellite System atau GNSS. GNSS merupakan sebuah istilah untuk
sistem navigasi satelit yang menyediakan posisi dengan lingkup yang global atau
luas.
§ LBS
(Location-Based Service). LBS (location-based service) merupakan bagian yang
lebih sederhana dalam context awareness, pada saat user mencari keyword
tertentu, maka ia akan mendapatkan hasil yang berbeda tergantung pada posisi
user.
Beberapa konteks yang dapat digunakan antara
lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan
kemampuan terminal yang digunakan user. Sebagai contoh : ketika seorang user
sedang mengadakan rapat, maka context-aware mobile phone yang dimiliki user
akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan rapat dan akan menolak
seluruh panggilan telepon yang tidak penting. Dan untuk saat ini, konteks
location awareness dan activity recognition yang merupakan bagian dari
context-awareness menjadi pembahasan utamadi bidang penelitian ilmu komputer.
4. Layanan
Perbaikan Sumber
Layanan
telematika yang terakhir adalah layanan perbaikan sumber. Resource Discovery
Service (RDS) adalah sebuah layanan yang berfungsi untuk penemuan layanan
utilitas yang diperlukan. The RDS juga berfungsi dalam pengindeksan lokasi
layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan penemuan.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar