Pengertian AMI-C
Kolaborasi
antarmuka otomotif multimedia adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk
menciptakan standarisasi dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah
perangkat elektronik dapat bekerja. Contoh Komputer dan alat komunikasi
kendaraan atau computer dan radio dalam mobil. Satiap alat elektronik itu harus
dapat bekerja dengan selaras sehingga kendaraan dapat lebih handal.Setiap
perangkat elektronik yang dipasang belum tentu cocok dengan setiap kendaraan.
Perangkat elektronik atau multimedia bisa saja mengganggu system keselamatan
dan system-sistem lain di dalam kendaraan. Itulah kenapa perlu dibentuk
standarisasi kolaborasi antarmuka multimedia.
Automotive
Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) sudah memiliki anggota : Fiat, Ford,
General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C
mengembangkan dan men-standarisasi antarmuka multimedia dan telematika otomotif
yang umum untuk jaringan komunikasi kendaraan. Dan 40 pemasok elektronik
mendaftarkan diri untuk menulis standar. Mereka berpendapat untuk menulis
standar diperlukan waktu selama 2 tahun. Tapi dua tahun adalah masa di
telematika. Penyelenggara elektronik, ponsel, komputer dan peralatan video yang
akan menggunakan koneksi dapat melewati beberapa generasi dalam waktu itu.
Standar-standar akan memungkinkan sebuah pasar plug-and-play global untuk
perangkat elektronik yang akan dipasang di kendaraan dengan kemudahan yang sama
dengan melampirkan pheriperal komputer pribadi.
Kendaraan
segera akan mengalamin peningkatan perlengkapan dengan ditambahkannya sistem
digital yang mendukung beberapa aplikasi seperti untuk mengakses informasi,
komunikasi, kemanan dan internet. Ketertarikan terhadap aplikasi multimedia
pada kendaraan meningkat, misalnya pada periode 2003-2005. Seperti: pengenalan
aplikasi real-time, kamera kecepatan tinggi, seiring dengan semakin
meningkatnya komersialisasi lalu lintas multimedia dan pelayanan pariwisata dan
travel. Oleh sebab itu, kebutuhan akan multimedia bus yang diletakkan pada
kendaraan akan meningkat.
Automotive
Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) menyatakan bahwa akan menggandeng
teknologi Open Service Gateway Initiative (OSGi) sebagai framework untuk
platform sofware yang dibangun untuk informasi mobile dan sistem entertainment.
Dalam kombinasi’a, AMI-C dan framework OSGi akan menyediakan satu platform software
yang umum dan pasar yang terbuka untuk penyedia aplikasi atomotif berbasis
wireless. Untuk pengguna, platform umum tersebut akan menyediakan pilihan
software aplikasi yang luas.
Sejarah AMI-C
The Automotive
Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998 dengan
tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia
interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai
berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang
pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota – sekarang
kelompok semua auto utama pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan
strategis baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil.
Untuk berbagai alasan,
kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat komputasi mobile
ketika datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan,
biaya, dan desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil ‘menunda
penerimaan teknologi baru. Makalah membahas otomotif standar untuk antarmuka
multimedia. Organisasi seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia Interface (AMI-C)
memiliki kesempatan untuk menjadi kekuatan pendorong di belakang upaya
standardisasi.
Depan yang berbeda,
The Otomotif Multimedia Interface Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan di seluruh
dunia cipta penugasan dari 1394 spesifikasi teknis otomotif ke Trade
Association 1394 AMI-C berikut dokumen sekarang milik 1394TA:
• AMI-C 3023 Power Management Specification
• AMI-C 3013 Power Management Architecture
• AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power
Management
• AMI-C 3034 Power Management Test Documents
• AMI-C 4001 Revision Physical Speci .cation.
Tujuan AMI-C
-
Menyediakan interface standart untuk memungkinkan pengendara
mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi -
dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju /
mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sitensis, untuk
dipersembahkan komunikasi jarak dekat (DSRC) sistem untuk kendaraan untuk
infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan
diagnostik input / output.
-
Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik
kendaraan.
-
Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan
hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif terdiri dari banyak pasar
yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai
adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
-
Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi
interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.
Fungsional AMI-C
-
Dapat menyediakan interface standar untuk
memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan
perangkat komunikasi - dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular,
melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan
sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk
kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu
kunci dan diagnostik input / output.
-
Dapat meningkatkan pilihan dan mengurangi
keusangan sistem elektronik kendaraan.
-
Dapat memotong biaya keseluruhan informasi
kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif
dan memperpendek waktu pengembangan - industri otomotif efektif terdiri dari banyak
pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai
adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
-
Dapat menawarkan standar terbuka dan
spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan
dunia luar.
Struktural AMI-C
Automotive Multimedia Interface Kolaborasi
(AMIC) mengatakan akan menjadi tuan rumah tiga update internasional briefing
untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan teknologi tinggi industri
elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di Frankfurt, Jerman; Februari
29 di Tokyo; dan Maret 9 di Detroit.
“AMIC telah membuat suatu kemajuan yang
signifikan dalam satu tahun terakhir ini dalam menyelesaikan struktur organisasi
dan mencapai kesepakatan mengenai persyaratan yang diperlukan untuk hardware
dan software baik di masa depan mobil dan truk,” Jurubicara AMIC Dave Acton
berkata, “Dan sekarang sudah saatnya bagi kita untuk bertemu dengan pemasok dan
mereka yang tertarik untuk menjadi pemasok untuk memastikan kami pindah ke
tahap berikutnya pembangunan kita bersama-sama. “
Acton menekankan bahwa
AMIC terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis elektronik. AMIC dibentuk
pada bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh 12 produsen otomotif dan
anak perusahaan yang meliputi: BMW, DaimlerChrysler, Ford, Fiat, General
Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen, Renault, Toyota, dan
VW. Seorang juru bicara mengatakan kelompok AMIC berencana untuk mendirikan
sebuah kantor di San Francisco di masa depan.
Implementasi Otomotive Multimedia di Berbagai
Bidang
-
Dalam Bidang Industri Mobil
Pengembangan
serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik
kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat
elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini dilakukan oleh pendiri BMW,
DaimlerChrysler, Ford, Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA /
Peugeot-Citroen, Renault, Toyota, dan VW.
-
Dalam Bidang Bisnis
ü Company Profile
ü Presentasi Bisnis
ü Simulasi atau
demonstrasi produk
-
Dalam Bidang kesehatan
ü Simulasi anggota tubuh
seperti otak, usus, paru-paru
ü Simulasi bakteri,
virus, cara kerja penyakit
ü Media penyuluhan
kesehatan
Sumber :
http://dwisucisaraswaty.blogspot.com/2014/12/kolaborasi-antarmuka-otomotif-multimedia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar