Sabtu, 17 Desember 2011

TUGAS BAB III DAN IV


MANFAAT MEMBACA BUKU

Kebanyakan dari kita lebih sering menggunakan waktu luang kita untuk menonton tv, bermain game, berada di depan computer, shopping dll. Padahal ada hal yang lebih baik yang harusnya kita lakukan ketika sedang ada waku luang, kegiatan tersebut yaitu membaca buku. Buku merupakan jendela dunia, dengan membaca buku kita bisa memiliki wawasan yang luas, namun sayangnya sampai saat ini masih banyak dari kita yang belum sadar akan penting nya membaca buku. Sebesar apapun manfaat membaca buku, tetapi kalau kita kurang menyadari akan pentingnya membaca, itu tidak akan berarti apa-apa.
Dengan membaca buku kita bisa merubah Negara kita menjadi Negara yang maju, sama halnya seperti Negara Amerika, Jepang dn Negara maju lainnya. Sebenarnya, selain untuk menambah wawasan rajin membaca buku pun bermanfaat untuk otak dan kesehatan kita. Setidaknya ada lima manfaat membaca untuk kesehatan seperti yang dilansir oleh lifemojo.
Lima manfaat itu diantaranya adalah :
1.      Melatih Otak
Salah satu keuntungan membaca buku adalah sebagai latihan otak dan pikiran. Membaca dapat membantu menjaga otak agar selalu menjalankan fungsinya secara sempurna. Saat membaca, otak dituntut untuk berfikir lebih sehingga dapat membat orang semakin cerdas. Tapi untuk latihan otak ini, membaca buku harus dilakukan secara rutin
2.      Meringankan Stres
Stress adalah factor risiko dari beberapa penyakit berbahaya. Keindahan bahasa dalam tulisan dapat memiliki kemampuan untuk menenangkan dan mengurangi stress, terutama membaca buku fiksi sebelum tidur. Cara ini dianggap bagus untuk mengatasi stress.
3.      Menjauhkan resiko penyakit Alzheimer
Membaca benar-benar dapat langsung meningkatkan daya ikat otak. Ketika membaca, otak akan dirangsang dan stimulasi (rangsangan) secara teratur dapat membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer.
Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan otak seperti membaca buku atau majalah, bermain teka-teki silang, Sudoku, dan lain-lain dapat menund atau mencegah kehilangan memori. Menurut para peneliti, kegiatan ini merangsang sel-sel otak dapat terhubung dan tumbuh. 
4.      Mengembangkan pola tidur yang sehat
Bila anda terbiasa membaca buku sebelum tidur,maka itu bertindk sebagai alarm bagi tubuh anda dan mengirimkan sinyal bahwa sudah waktunya tidur. Ini akn membantu anda mendapatkan tidur nyenyak dan bangun segar di pagi hari.
5.      Meningkatkan konsentrasi
Orang yang suka membaca akan memiliki otak yang lebih berkonsentrasi dan focus. Karena focus ini, pembaca akan memiliki kemampuan untuk memiliki perhatian penuh dan praktis dalam kehidupan. Ini juga mengembangkan keterampilan objektivitas dan pengambilan keputusan.
Untuk itu, mulai dari sekarang jangn habiskan waktu berjam-jam untuk menonton televise atau bermain game computer, tetapi juga luangkan waktu untuk membaca buku. Kebiasaan baik itu tidak hanya akan menyegarkan fikiran tetapi juga brmanfaat utuk kesehatan dan kehidupan.









Sumber : http://www.solopos.com/2011/lifestyle/kesehatan/5-manfaat-membaca-buku-untuk-kesehatan-88866

Tidak ada komentar:

Posting Komentar