Sebelum kita mulai membahas Peran
Komunikasi dalam Organisasi terlebih dahulu kita akan membahas mengenai
pegertian dari komunikasi dan organisasi itu sendiri
PENGERTIAN KOMUNIKASI
Kata
atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”) secara etimologis
atau menurut asal katanya adalah dari bahasa latin yaitu communictus, dan
perkataan ini bersumber pada kata communis yang memiliki makna berbagi atau
menjadi milik bersama yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan
atau kesamaan makna. Secara etimoogis komunikasi adalah proses penyampaian
suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Jadi dalam pengertian ini
yang terlibat dalam komunikasi adalah manusia
PENGERTIAN ORGANISASI
Organisasi
adalah sebuah perkumpulan atau wadah bagi sekelompok orang untuk bekerjasama,
terkendali dan terpimpin untuk tujuan tertentu. Organisasi biasanya
memanfaatkan suatu sumber daya tertentu misalnya lingkungan, cara atau metode,
material, mesin, uang dan beberapa sumberdaya lain dalam rangka mencapai tujuan
oraganisasi tersebut. Orang-orang yang terkumpul dalam sebuah organisasi
sepakat untuk mencapai tujuan tertentu melalui suatu sumber daya secara
sistematis dan rasional yang terkendali dan adanya pemimpin organisasi yang
akan memimpin operasional organisasi dengan terencana.
PERAN KOMUNIKASI DALAM
ORGANISASI
Dilihat
dari pengertian masing-masing dapat disimpulkan bahwa komunikasi sangat
berperan penting didalam sebuah organisasi. Sebuah organisasi tanpa sebuah komunikasi
yang baik antara pemimpin dengan anggota organisasi atau antar sesama anggota
tersebut maka dapat dipastikan organisasi tersebut tidak akan dapat berjalan
dengan baik. Karena sebuah organisasi dibentuk untuk mencapai suatu tujuan,
bagaimana tujuan dapat tercapai apabila komunikasi antara pemimpin dengan
anggota organisasi atau antar sesama anggota tidak berjalan dengan baik.
Komunikasi yang baik antara pemimpin dengan anggota dan antar sesama anggota
organisasi dapat meminimalisasikan kesalahpahaman yang terjadi didalam suatu
organisasi sehingga semua rencana dalam organisasi dapat dijalankan dengan baik
dan dapat mencpai suatu tujuan yang baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar