Kepuasan Konsumen
Memuaskan
konsumen merupakan keinginan setiap perusahaan. Dengan kepuasan konsumen
perusahaan tersebut dapat point lebih dari pesaingnya. Kepuasan juga merupakan faktor kunci bagi
konsumen dalam melakukan pembelian ulang suatu produk, konsumen yang puas
terhadap produk dan jasa pelayanan cenderung akan membeli lagi produk dan
menggunakan jasa pelayanan kembali saat kebutuhan yang sama datang.
Kepuasan
konsumen itu
sendiri adalah perasaan
seseorang atas apa yang didapatkannya dengan harapan yang diinginkannya,
perasaan tersebut bisa senang atau sebaliknya.
Faktor- faktor yang dapat Menentukan Tingkat Kepuasan
Konsumen
Ada beberapa faktor
yang dapat menentukan tingkat kepuasan konsumen, diantaranya
Kualitas Produk
Konsumen akan
merasa puas bila produk yang mereka beli berkualitas
Kualitas Jasa
Untuk industri
pelayanan jasa, konsumen akan merasa puas bila mendapatkan pelayanan yang baik
dan tidak mengecewakan dari pelayanan jasa yang mereka gunakan.
Tingkat Emosional
Kepuasan
diperolah bukan hanya dari kualitas produk saja, tetapi nilai sosial suatu
produk dapat membuat konsumen menjadi puas. Konsumen akan merasakan bangga
apabila dia menggunakan suatu produk karena produk tersebut memiliki nilai
sosial dimata masyarakat, menurutnya masyarakat akan kagum terhadap dia.
Harga
Produk
yang memiliki kualitas yang sama tetapi mempunyai harga yang lebih murah akan
menarik konsumen karena memberikan nilai yang lebih tingggi dibanding produk
yang mahal.
Biaya
Biaya
tambahan yang tidak perlu ditanggung atau dikeluarkan oleh konsumen dapat
meningkatkan kepuasan konsumen atas produk atau jasa yang digunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar