Minggu, 04 November 2012

klasifikasi dan media komunikasi dalam organisasi 1


·         KOMUNIKASI DIAGONAL KE BAWAH
Komunikasi diagonal ke bawah adalah komunikasi yang berlangsung dari seorang pimpinan dengan pejabat atau pimpinan yang lebih rendah. Antara atasan dan bawahan tidak ada hubungan hirarki tetapi hanya merupakan hubungan kerja. Dilihat dari segi ketatalembagaan, komunikasi diagonal ke bawah adalah komunikasi yang berlangsung dan satuan organisasi yang lebih tinggi dengan satuan orga­nisasi yang lebih rendah.
·         KOMUNIKASI DIAGONAL KE ATAS.
Atas dasar pengertian komunikasi diagonal ke atas dan komunikasi diagonal ke bawah seperti telah diuraikan di atas, maka secara singkat dapat dikatakan bahwa komunikasi diagonal (ke atas maupun ke bawah) adalah komunikasi antara pejabat-pejabat atau unit-unit yang berbeda tingkatan (level) dan wewenangnya baik yang secara fungsional ada hubungannya maupun secara fungsional tidak ada hubungannya.
·         KOMUNIKASI HORISONTAL
Komunikasi horisontal adalah komu­nikasi antara pimpinan atau pejabat yang setingkat dalam suatu organisasi. Misalnya komunikasi antara Kepala Biro dengan Kepala Biro, Kepala Bagian dengan Kepala Bagian, Kepala Seksi dengan Kepala Seksi.
Dari segi ketatalembagaan, komunikasi horisontal adalah komunikasi antar satuan organisasi yang setingkat dalam suatu organisasi. Misalnya Biro Hukum dengan Biro Kepegawaian, Bagian Keuangan dengan Bagian Pengadaan, Seksi Pol Kendaraan dengan Seksi Keamanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar