Minggu, 04 November 2012

klasifikasi dan media komunikasi dalam organisasi 2


·         KOMUNIKASI SATU ARAH
Komunikasi satu arah atau one way communication adalah komunikasi yang tidak mendapat respon dari pihak penerima informasi (komunikan). Komunikan sengaja tidak memberi tanggapan karena sesuatu hal, atau komu­nikator memang sengaja tidak memberi kesempatan kepada komunikan untuk memberi reaksi. Apabila komunikasi ini terjadi antara pimpinan dengan bawahan maka komunikasi dari pimpinan itu lebih bersifat komando atau perintah, sehingga bawahan hanya berperan sebagai pelaksana perintah saja.
Komunikasi satu arah ini berlangsung top-down, cepat dan efisien, tetapi tidak memberi kepuasan bagi komunikan. Komunikasi satu arah me­nimbulkan kesan pimpinan yang otoriter. Komunikasi satu arah juga sering menimbulkan berbagai ketegangan atau pertentangan karena adanya kesalah­pahaman dan ketidakjelasan.
·         KOMUNIKASI DUA ARAH
Komunikasi dua arah atau two-way communication adalah komunikasi yang berlangsung secara timbal-balik. Komunikator mendapat respon, umpan balik atau feed back dari pihak komunikan sehingga muncul saling pengertian antara kedua belah pihak. Komunikasi dua arah berlangsung secara lamban sehingga tidak efisien, dan keputusan tidak dapat diambil dengan cepat. Akan tetapi komunikasi dua arah dapat menghindari terjadinya kesalahpaman yang sehingga dapat menimbulkan situasi kerja yang akrab, penuh kekeluargaan dan demokratis.
Media yang dipergunakan baik untuk komunikasi satu arah maupun dua arah adalah dengan memo/nota dalam, telepon, interpon, surat tugas, perintah atau intruksi, baik secara lisan maupun secara tertulis.
·         KOMUNIKASI SATU LAWAN SATU
Komunikasi satu lawan satu adalah komunikasi antar-pribadi. Komuni­kasi ini dapat terjadi antara seorang pimpinan dengan bawahan, antara se­orang pimpinan dengan seorang pimpinan yang setingkat, antara seorang bawahan dengan seorang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar